10 Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula

Apakah anda sedang berpikir untuk membeli kamera DSLR pertama?  Jika ya, pasti anda menimbang-nimbang jenis kamera apakah yang harus anda pulang.  Tak usah bingung, karena pada artikel ini Top10Indo akan menyajikan daftar sepuluh kamera DSLR terbaik untuk pemula, yang mungkin bisa berguna untuk menambah referensi anda.

Daftar ini disusun berdasarkan harga, spesifikasi, dan tingkat kesulitan dalam menggunakan kamera tersebut.  Mungkin anda bisa juga membaca artikel dari kami yang berjudul "10 Cara Memilih Kamera DSLR" untuk mendapatkan lebih banyak informasi.  Tanpa berpanjang lebar lagi, inilah daftar dari kami:

Image Credit: Wikimedia Commons

10.  Sigma SD15


Merek Sigma mungkin tidak terlalu familiar bagi anda yang baru saja mengenal dunia fotografi.  Namun jangan salah, produk ini ternyata mampu bersaing dengan berbagai brand yang sudah jauh lebih mapan, seperti Nikon, Canon, dan Sony.  Terbukti, kamera keluaran mereka, Sigma SD15 berhasil meraih review yang positif dari berbagai website.

Dengan harga yang berkisar di angka $850, Sigma SD15 dikenal memiliki sensor warna yang benar-benar tajam dan bisa menghasilkan gambar seperti sebuah kamera yang masih menggunakan rol film.  Cocok bagi anda yang benar-benar mementingkan ketajaman warna.  Kekurangannya, kamera ini tidak bisa digunakan untuk merekam video dan tidak memiliki fitur Live View alias LCD.  Jadi, anda harus selalu melihat dari viewfinder.



9.  Nikon D90


Nama besar Nikon sebagai produsen kamera memang tidak perlu diragukan lagi.  Merk ini bersaing ketat dengan Canon untuk menjadi yang terbaik, terutama dalam kelas kamera DSLR untuk pemula dan tingkat menengah.  Dan salah satu produk Nikon yang paling direkomendasikan bagi anda yang baru mengenal fotografi adalah D90 ini.

Nikon D90 dijual dengan harga sekitar $800.  Salah satu kelebihan utama kamera ini adalah kemampuannya untuk mengambil gambar secara berurut-turut, hingga 4,3  frames per second.  Memang tidak terlalu cepat, namun cukup unggul dibandingkan kamera DSLR lain di kelasnya.



8.  Pentax K-500


Dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan Nikon D90 dan Sigma SD15 (sekitar $600), Pentax K-500 memiliki fitur yang sedikit lebih bagus.  Kamera ini memiliki 19 mode automatic scene yang otomatis menyesuaikan setting kamera dengan kondisi lingkungan atau jenis gambar yang anda pakai, seperti Landscape, Micro, Night Scen Portrait, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Pentax K-500 juga memiliki sebelas titik auto focus dan memiliki ISO yang bisa dinaikkan hingga mencapai 51.200.  Satu-satunya kelemahan adalah masih sedikitnya service center dan customer service kamera ini yang tersedia di Indonesia.



7.  Olympus Pen E-PL5


Sepintas, bentuk kamera keluaran Olympus ini memang tidak menyerupai DSLR, bahkan lebih mirip dengan kamera poket, terutama jika dipasangi lensa berukuran kecil.  Namun jangan salah, Olympus Pen E-PL5 memiliki kualitas yang sangat bagus dan harga yang relatif lebih murah dibandingkan merk lain dalam daftar ini, berkisar di angka 600 US Dollar.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh E-PL5.  Di antaranya adalah 23 mode automatic scene yang bisa mempermudah anda dalam mengambil foto, serta touch screen (layar sentuh) yang bisa diputar dan di-flip untuk mengambil berbagai foto dalam posisi yang sulit.



6.  Canon EOS Rebel SL1 (Canon EOS 100D)


Akhrinya, ada juga sebuah produk dari Canon yang berhasil masuk ke dalam daftar ini.  Ya, Canon EOS Rebel SL-1 terbilang populer di kalangan para fotografer, dan sebetulnya bisa dianggap sebagai kamera untuk fotografer dengan skill kelas menengah.  Namun jangan khawatir, ternyata sudah banyak fotografer pemula yang membelinya, dan tidak menemukan kesulitan untuk menggunakannya.

Dengan harga sekitar $750, ada banyak hal yang bisa anda dapatkan dari Canon EOS 100D ini.  Antara lain adalah layar LCD yang sangat terang, touch screen, kualitas gambar yang sangat jernih, dan ukuran kamera yang relatif lebih kecil dan ringan dibanding merk DSLR lainnya.



5.  Nikon D3200


Sejak pertama kali dirilis, Nikon D3200 sudah mendapatkan sangat banyak review positif dari berbagai media.  Kamera ini dikenal mampu mengambil gambar dengan sangat bagus karena dilengkapi oleh sensor berkualitas tinggi.  Selain itu, produk Nikon juga memiliki kelebihan tersendiri dalam kekuatannya untuk mengambil gambar dalam kondisi cahaya yang tak terlalu terang.

Harga Nikon D3200 juga terbilang terjangkau, hanya sekitar $550.  Kamera ini terbilang sempurna untuk pemula, dan nyaris tidak ada kekurangan berarti, kecuali layar LCD yang tidak bisa diputar-putar untuk memudahkan anda mengambil gambar.



4.  Canon EOS 60D


Canon EOS60D adalah kamera DSLR terbaik untuk pemula yang ingin pula menggunakannya untuk mengambil video.  EOS 60D memiliki sensor yang sangat bagus, yang mampu meningkatkan kualitas video dan gambar anda dengan sangat drastis.  Selain itu, daya tahan baterai kamera ini juga jauh lebih unggul daripada jenis entry level DSLR lainnya, mencapai 1.100 jepretan dalam resolusi 18 Mega Pixel.

Dengan harga $600 USD, Canon EOS 60D bisa anda bawa pulang.  Kamera ini juga memiliki reputasi bagus di dunia maya, dengan rata-rata rating review yang mencapau angka 9,1 dari 10.  Nah, jangan lupa untuk memasukkan EOS 60D ke dalam salah satu alternatif anda.



3.  Sony Alpha SLT-A65


Banyak yang terkejut melihat nama Sony berhasil masuk dalam daftar tiga besar kamera DSLR terbaik untuk pemula.  Well, jika melihat kiprahnya dalam lima tahun terakhir ini, Sony memang sepertinya sudah sangat bekerja keras untuk bisa memproduksi sebuah kamera digital yang berkualitas.  Wajar jika banyak konsumen yang mulai menyukai kamera ini.

Sony Alpha SLT-A65 dihargai sekitar $750 dengan kemampuan menangkap gambar secara berurutan, sebanyak 10 frames per second.  Resolusinya cukup besar, di poin 24,3 Mega Pixel dengan ISO mencapai 16.000.



2.  Canon Rebel T5i (Canon EOS 700D)


Harganya memang cukup mahal (sekitar $823), namun menilik kualitas yang dimilikinya, anda sama sekali tidak akan rugi membeli Canon Rebel T5i.  Kamera ini jauh lebih bagus daripada produk keluaran Canon tahun 2012, Canon 650D.  Dengan resolusi 18 Mega Pixel, Canon Rebel T5i memiliki sensitivitas (ISO) mencapai angka 25.600, yang memungkinkan anda mengambil gambar yang bagus di ruangan bercahaya minimal.

Tak hanya itu, Canon juga dikenal dengan kemampuannya untuk merekam video dengan sangat bagus.  Kamera ini juga dilengkapi dengan LCD yang bisa diputar-putar, sehingga akan membuat proses shooting dan pemotretan menjadi lebih baik.  Jika anda memiliki dana yang agak longgar, jangan ragu untuk membeli Canon Rebel T5i.



1.  Nikon D5200


Akhirnya, terjawab sudah pertanyaan kita tentang kamera DSLR terbaik untuk pemula.  Memperhatikan berbagai faktor seperti harga, kemampuan, dan desain, Nikon D5200 meraih review yang luar biasa dari berbagai website dan majalah, mencapai angka 99 persen.  Dengan harga sekitar $800, kamera ini bisa memberikan yang terbaik bagi seorang fotografer pemula maupun tingkat menengah.

Nikon D5200 memiliki resolusi gambar yang cukup besar, mencapai 24,1 Mega Pixels.  Dengan ISO yang mencapai 25.600 dan 39 titik autofokus serta kemampuan untuk mengambil HD video, kamera ini bisa membuat anda menangkap momen-momen indah dengan kualitas yang tinggi.
Tag : Gaya Hidup, Hobi
0 Komentar untuk "10 Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula"

Back To Top